Langsung ke konten utama

Krisis Apresiasi

"Ngapain bilang terima kasih, itu kan udah tugasnya?"
"Ngapain sih tepuk tangan, dia kan bukan kelompok kita ?"
"Ngapain sih tuh orang nanya mulu, pengen balik gue!?"

Duuuh kesel banget denger orang bilang gini, rasanya mau tabok, mau cetusin dan bilang "Ya lo juga ngapain hidup!!!!"
Hal seperti inilah yang membuat gue resah dan berpikir, kenapa orang berpikiran seperti itu, padahal sama-sama di tempat dan kondisi yang sama.
misalnya saat presentasi di kelas, yang mendapatkan tepuk tangan terbanyak adalah orang yang dianggap "teman", padahal di dalam kelas semua adalah teman.
yang sering nanya dibilang ambis, dilihat sinis sampai-sampai saat dosen atau guru bilang "apa ada pertanyaan seputar materi tadi atau apakah ada pertanyaan" semua mata dan kepala langsung tertuju melihat orang yang sering nanya
apa yang salah sih dari banyak bertanya dan kasih tepuk tangan, tanpa harus melihat "siapa yang bicara" ? 


Harusnya kalian berterima kasih kepada temen-temen kalian yang sudah mengajukan pertanyaan. Dan ini tiga alasan kenapa harus berterima kasih sama temen yang sering nanya:
  • Pertama, kalian gak punya ide dan permasalahan yang bisa ditanyakan, dan temen kalian memilikinya, dia juga membantu mencairkan suasana dari yang awalnya kaku dan hening, sampai guru/dosen kalian itu bingung mau ngapain lagi, harus gimana lagi. Akhirnya merasa senang, karena ada pertanyaan.
  • Kedua, untuk kamu yang malu bertanya atau yang pengen nanya tapi udah kesalip, gak apa-apa.. masih bisa lain waktu, kalian juga harus berterima kasih kepada teman kalian yang nanya itu, karena kamu sudah menjawabkan jawaban itu 
  • Ketiga, uang yang kalian bayarkan/ keluarkan untuk kesekolah atau kuliah gak sia-sia, gak cuma duduk, dengerin guru/dosen ngomong dan selesai. Uang yang kalian keluarkan juga bermanfaat.

Coba deh untuk sedikit merendah dan belajar menghargai orang tanpa harus melihat "Siapa yang bicara", dengan ini lo bisa memiliki dan menjadi pribadi yang baik, pribadi yang disenangi orang secara natural dan punya rasa empati. 
banyak sekali nasihat orang tua, guru, dosen, sampai para tokoh dari seminar maupun vidio di internet yang membahas dan bilang bahwa kita tuh harus punya rasa peduli dan juga harus menghargai orang lain jika ingin dihargai.

Semoga kita sama-sama jadi orang baik dan dibaikin orang juga *Aamiin 😁


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rute Transjakarta Cibubur – Universitas Mercu Buana Meruya

Rute Transjakarta Cibubur – Universitas Mercu Buana Meruya Rute Transjakarta Cibubur – Universitas Mercu Buana Meruya Dari Halte Cibubur Junction turun di BKN, dari BKN transit ke Pancoran Barat naik yang arah Ciledug, turun di Halte Puri Beta 2, dilanjut naik angkot C01 warna putih polos 3000/ orang turun dipertigaan, kembali naik angkot C13 warna putih kuning turun di Universitas Mercu Buana Meruya. . . #MSArutejalan #MSArutehalte

Takut Bicara di Depan Orang Banyak? Udah Gak Jaman!

Takut Bicara di Depan Orang Banyak? Udah Gak Jaman! Memang bukan hal yang mudah untuk bicara di depan orang banyak, apalagi jumlahnya besar, dan gak biasa ngelakuin itu. Jangan khawatir! hal itu bisa diatasi lhoh, caranya dengan belajar dan berlatih. Cara lain yang bisa kamu lakukan kalau hal itu gak cukup efektif kamu bisa ikutan kelas khusus public speaking, nah aku mau kasih tau kamu tempat atau kelas untuk belajar & berlatih public speaking, yaitu Speak Project. Speak Project adalah komunitas usaha yang berfokus pada pengembangan skill komunikasi dan digital. Di sini kamu akan mendapatkan pemahaman Master of Ceremony secara teori dan praktik bersama mentor yang berkompeten dan sudah berpengalaman bertahun-tahun menjalani profesi sebagai MC. Kelas MC Speak Project dibuka pendaftaran lagi lhoh! Batch 8. Di kelas MC batch 8 kamu akan mendapatkan banyak pembelajaran, dari mulai teori hingga praktik. Dan materinya juga beragam banget, diantaranya: -Public Speaking & Pers